Minggu, 11 Maret 2012

Program Unix



Pendahuluan
UNIX secara de facto telah menjadi sistem operasi baku (standar) pada berbagai jenis komputer, terutama komputer mini dan stasiun kerja (work stasiun). Sebelumnya, setiap pembuat komputer mengembangkan sendiri sistem operasinya. Bahkan pada saat tersebut tidak merupakan suatu keanehan jika sistem tidak dapat saling berinteraksi, walau pun berasal dari pembuat yang sama. Kini, berpindah kerja dari satu jenis komputer ke komputer lainnya tidak sulit jika masing-masing telah menggunakan UNIX.
Kecenderungan tersebut pun berlaku pada protokol komunikasi antar komputer. Namun - dewasa ini hampir semua bersepakat untuk menggunakan protokol baku sehingga komputer dengan jenis berbeda dapat saling berkomunikasi. Bakuan ini dikenal dengan model referensi OSI. Pada masa yang akan datang, dapat dikatakan semua akan menggunakan referensi tersebut.
Kemajuan teknologi perangkat keras memungkinkan dibuatnya sistem komputer yang semakin canggih dan murah. Sistem yang berharga jutaan dollar pada tahun 60-an, kini sudah dapat diperoleh dengan biaya jutaan rupiah. Kemajuan teknologi ini pun berpengaruh pada teknologi komunikasi jaringan komputer. Sistem jaringan yang sebelumnya hanya dimiliki instansi penelitian tertentu serta memerlukan seorang super pakar, kini menjadi sesuatu yang umum pada dunia komputer serta dioperasikan oleh orang "biasa" saja.
Beberapa kenyataan dari hasil perkembangan komputer dan komunikasi [STALL91]:
  • Hampir tak ada perbedaan mendasar antara pemerosesan data (komputer) dan komunikasi data (peralatan komunikasi).
  • Tidak ada perbedaan antara data, suara, dan video.
  • Perbedaan antara LAN (local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network) semakin kabur.


Tujuan Penggunaan Jaringan
 jarang sekali ada sistem UNIX yang tidak terkoneksi kesebuah sistem jaringan. Keuntungan yang diperoleh ialah:
  • berbagi sumber daya komputer.
  • peningkatan kehandalan.
  • penghematan.
Sumber daya komputer yang dibagi bersama mencakup CPU, alokasi memori, penyimpanan data/ disk, pencetak/ printer, dan program/ utilitas. CPU/memori yang sedang diam (idle) dapat "dikaryakan" oleh sistem lain yang sedang sibuk. Disk yang semula tersebar di semua komputer dengan utilitas yang sama kini dapat digabungkan menjadi unit disk yang besar dan dibagi bersama. Pencetakan/ printing dapat diklasifikasikan berdasarkan prioritas (segera, tidak segera) ataupun mutu cetak (laser printer, LQ printer, line printer).
Komputer dalam sebuah jaringan lebih handal dibandingkan komputer yang berdiri sendiri. Jika ada komputer yang tidak berfungsi, peranannya digantikan oleh komputer yang lain. Sistem dapat diatur/ dikendalikan hingga pemakai tidak mengetahui bahwa komputer yang biasa digunakan sedang digantikan oleh komputer lain. Sistem penyimpanan disk dapat diatur derajat keamanannya. Seperti halnya CPU, sistem disk yang tidak berfungsi digantikan oleh sistem yang lain tanpa diketahui oleh pemakai.
Peningkatan kehandalan serta pemakaian sumberdaya secara bersama menghasilkan penghematan biaya operasi. Harga 10 komputer 10 MIPS jauh lebih murah dibandingkan 1 komputer 100 MIPS. Namun, kemampuan kesepuluh komputer 10 MIPS tersebut dapat hampir menyamai kemampuan komputer 100 MIPS jika dilakukan utilisasi yang tinggi. Penghematan lain didapatkan dari penggunaan file server (1 sistem data/ disk untuk banyak komputer) serta printer server.


Jenis-jenis UNIX
UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Tabel berikut menyebutkan beberapa jenis-jenis UNIX.
Nama varian UNIX
Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)
Darwin
Apple Computer (modifikasi yang dilakukan oleh Apple dari kernel BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X).
Convergent Technology
Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq, sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq. sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
BSD UNIX
BSD/I
OSF/1
Universitas Terbuka Amsterdam (Vrije Universiteit Amsterdam), Belanda
Universitas Carnegie Mellon (Carnegie Mellon University), Amerika Serikat
Lucent Technologies (Bell Labs)

Penciptaan Sistem Operasi UNIX *

Setelah tiga dekade digunakan, * UNIX sistem operasi komputerdari Bell Labs masih dianggap sebagai salah satu sistem operasi yang paling kuat, serbaguna, dan fleksibel (OS) di dunia komputer.Popularitasnya ini disebabkan banyak faktor, termasuk kemampuan untuk menjalankan berbagai mesin, dari mikro sampai superkomputer, dan portabilitas - yang semuanya mengarah padaadopsi oleh banyak produsen.

Sama seperti makhluk legendaris yang namanya juga berakhir di'x,' UNIX bangkit dari abu upaya multi-organisasi pada awal tahun 1960 untuk mengembangkan sistem operasi time sharingdiandalkan.

Upaya bersama itu tidak berhasil, tetapi sedikit orang yang terlepasdari Bell Labs mencoba lagi, dan apa yang terjadi selanjutnya adalah sebuah sistem yang menawarkan para penggunalingkungan kerja yang telah digambarkan sebagai "kesederhanaanyang tidak biasa, kekuasaan, dan kemewahan ...."

Sistem ini juga membantu perkembangan pendekatan khusus untukdesain perangkat lunak - pemecahan masalah dengan alatinterkoneksi sederhana, daripada menciptakan program besaraplikasi monolitik.

Pengembangan dan evolusi menyebabkan filosofi baru komputasi, dan telah menjadi sumber yang tidak pernah berakhir baik tantangan dan sukacita untuk programmer di seluruh dunia.



Kelebihannya :
sistem operasinya gratis
tidak perlu mengintal driver lagi
mendapatkan applikasi multimedia dan desian grafis yang lengkap
tidak bisa terkena virus
Kelemahannya :
membingungkan karna berbeda dengan windows 
format file yang terlalu sedikit
banyak software yang tidak complatible dengan linux

                http://id.wikipedia.org/wiki/Unix
                   http://www.bell-labs.com/history/unix/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post